Archive | December, 2017
21 Dec

” IBUMU SARJANA APA? “

Ibuku gelarnya adalah MSi : Master Segala ilmu.

Tak terbayang bukan, menjadi ibu yang baik itu harus banyak belajar dan terus belajar, lifelong education istilah kerennya.

  1. Ibu harus belajar Akuntansi, agar bisa mengurus pendapatan keluarga dan mengelolanya untuk kebutuhan rumah tangga, tabungan, serta menata pemasukan & pengeluaran yang seimbang.
  2. Ibu harus belajar ilmu Tata Boga, chef, atau perhotelan, belajar mengatur masakan keluarga dengan kreatif, supaya tidak bosan.
  3. Ibu harus belajar ilmu Keguruan. Ia harus menguasai ilmu yang diajarkan di sekolah dasar, agar bisa mengajari anaknya bila kesulitan dengan PR-nya.
  4. Ibu harus belajar Agama, karena ibu-lah yang pertama kali mengenalkan anak pada Allah, membangun akhlak yang luhur serta iman yang kokoh.
  5. Ibu harus belajar Ilmu Gizi, agar bisa menyiapkan makanan bergizi bagi keluarga, setiap hari.
  6. Ibu harus belajar Farmasi, agar dapat memberi pertolongan awal pada keluarga yang sedang sakit dan menyediakan obat-obatan ketika keadaan darurat.
  7. Ibu harus belajar Keperawatan, karena beliaulah yang merawat anak/suami ketika sakit. Yang menyeka tubuhnya ketika tidak diperbolehkan mandi, mengganti kompres. Ibu adalah perawat yang handal.
  8. Ibu harus belajar ilmu Kesehatan, agar bisa menjaga asupan makanan, kebersihan melindungi anggota keluarga dari gigitan nyamuk, dll.
  9. Ibu harus belajar Psikologi, agar bisa berkomunikasi dengan baik saat menghadapi anak-anak di setiap jenjang usia, juga sebagai teman curhat suami yang terbaik, ketika suami sedang mengalami masalah.
  10. Ibu juga bisa cari uang (bekerja)

Seandainya ibu harus kuliah dulu, butuh berapa lama? Bisa jadi lebih dari 9 jurusan di atas tadi. Begitu luar biasanya seorang ibu, dengan multi talentanya, kesabarannya merawat, mendidik & menemani anak-anak dan suami tercinta.

terharu banget……ma, makasih banyak ya utk semuanya. Rika bangga punya mama kayak mama, sehat terus ya ma, sehat terus biar bisa dampingin Rika sampai menikah, sukses, ngasih mama cucu, dan bisa bikin mama bahagia 🙂

Selamat Hari Ibu, Ma❤

 

18 Dec

hujan…

hujan ini mengiringiku kedalam banyak pikiran. entah pikiran yang menjadikan ku penat, suntuk, atau bahkan pikiran yang membuatkan melambung tinggi bersama mimpi. hujan ini dapat mengingatkan ku pada banyak hal. banyak hal yang mungkin sebenernya tidak sengaja ku pikirkan atau bahkan sengaja ku pikirkan. dan kini, hujan itu membimbingku pada satu pikiran yang mungkin menjadi penat dan suntuk ku selama ini

hujan…

aku tau, mungkin diluar sana banyak sekali yang ingin berada di posisi ku ini. mungkin diluar sana banyak yg iri dengan ku. mungkin diluar sana banyak yg menyanjungku. mungkin diluar sana banyak yg mencemooh ku. tapi apa diluar sana masih ada keadilan, hujan?

keadilan yang selama ini ditunggu, keadilan yang selama ini diminta, keadilan yang selama ini didambakan.

tidak adil memang jika sudah bermimpi manis, namun ujungnya hanya membuat luka. tidak adil memang jika sudah menutup segala akses jika ujungnya hanya membuat perih dimata. tidak adil memang jika sudah memberikan segalanya jika ujungnya hanya membuat gejolak dibathin. lalu aku harus apa?

aku tidak tahu harus bagaimana, aku tidak tahu harus berbuat apa, aku tidak tau apa yang terbaik dari ketidakadian itu, atau apakah ada kebaikan dari ketidakadilan itu? hmm bisakah kamu jawab, hujan? karena ku sudah lelah dengan pikiran-pikiran itu. terima kasih 🙂